DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
Judul HUBUNGAN PERAN SUAMI DENGAN KESIAPAN IBU DALAM MENGHADAPI MENOPAUSE Di Wilayah Kerja Puskesmas Panarukan Desa Sumberkolak Kabupaten Situbondo
Penulis FABIAN RIZA KURNIA - Personal Name
NIM/NPM 12.01.083
No. Panggil 12 FAB h 083
Dosen Pembimbing Dr. Grido Handoko Sriyono
Ns. Ana Fitria Nusantara, S.Kep.
Publikasi Genggong-Probolingo: STIKES HAFSHAWATY ZAINUL HASAN GENGGONG, 2014
Deskripsi Fisik
Abstraksi Dua peristiwa penting dalam kehidupan seorang wanita adalah hamil dan menopause yang terdapat persamaan. Menopause merupakan masa berakhirnya menstruasi atau haid, dan sering dianggap menjadi momok dalam kehidupan wanita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah Hubungan Peran Suami Dengan Kesiapan Ibu Dalam Menghadapi Menopause Di Wilayah Kerja Puskesmas Panarukan Desa Sumberkolak Kabupaten Situbondo.
Penelitian ini menggunakan desain analitik korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu pada masa menopause di desa sumberkolak kabupaten situbondo sejumlah 120 responden. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik “purposive sampling”. Penelitian dilakukan pada tanggal 12 – 18 Januari 2014. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner Peran suami dan kesiapan ibu. Setelah data terkumpul dilakukan pengumpulan data meliputi coding, editing dan tabulating, kemudian data dianalisis secara manual dan computer dengan menggunakan uji statistik Wilxocon.
Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar peran suami dalam menghadapi ibu premenopause sebanyak 57 responden (60%), sebagian besar ibu premenopause siap dalam menghadapi masa menopause sebanyak 68 responden (74%). Berdasarkan Uji Statistik Wilcoxon diperoleh bahwa nilai hasil p value 0,000 dengan α taraf signifikan 0,05. Dengan demikian, p value lebih kecil dari α (0,05) sehingga dapat disimpulkan H1 diterima yang artinya ada Hubungan Peran Suami Dengan Kesiapan Ibu Dalam Menghadapi Menopause Di Wilayah Kerja Puskesmas Panarukan Desa Sumberkolak Kabupaten Situbondo.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, pada saat menjelang menopause seorang wanita dituntut untuk menghadapi realitas baru yang sudah tiba. Tidak jarang pada masa menopause ini selalu disertai kecemasan dalam beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang dialami. Dukungan peran suami membantu istri yang memasuki masa menopause dengan memberikan informasi, bimbingan, dukungan emosional dan semangat sehingga setidaknya dapat mengurangi kecemasan yang sedang dihadapinya.
Kata Kunci Peran Suami, Kesiapan Ibu, Menopause
Karya Ilmiah Skripsi
Full Text
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya