DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
Judul HUBUNGAN STATUS GIZI IBU MENYUSUI DENGAN KECUKUPAN KEBUTUHAN ASI PADA BAYI 0-6 BULAN DI BPS DESA PATOKAN KECAMATAN BANTARAN KABUPATEN PROBOLINGGO
Penulis Septian Adi Candra - Personal Name
NIM/NPM 2010.01.109
No. Panggil 10 SEP h 109
Dosen Pembimbing Dr. Grido Handoko S
Ns. Ayu Nanda Lestari , S. Kep
Publikasi Genggong-Probolingo: STIKES HAFSHAWATY ZAINUL HASAN GENGGONG, 2014
Deskripsi Fisik
Abstraksi Gizi ibu menyusui adalah makanan sehat selain obat yang mengandung protein, lemak,mineral, air dan karbohidrat yang dibutuhkan oleh ibu menyusui dalam jumlah tertentu selama menyusui. Sedangkan pada masa post partum merupakan masa pemulihan karena merupakan faktor penunjang yang utama produksi ASI sehingga apabila gizi tidak terpenuhi akan menghambat produksi ASI dan dapat mempengaruhi komposisi serta asupan nutrisi untuk bayi baru lahir. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui hubungan status gizi ibu menyusui dengan kecukupan kebutuhan ASI pada bayi usia 0-6 bulan.
Penelitian ini merupakan penelitian “analitik korelasi dengan pendekatan Cross sectional ”, dimana data diambil dari para ibu yang menyusui bayi usia 0-6 dengan jumlah populasi 25 responden, dan sampel penelitian menggunakan total sampling. Kemudian data dianalisis secara manual dan computer dengan Spearmen-Rho.
Status gizi ibu menyusui yang baik sebanyak 5 responden (20 %), gizi ibu yang cukup sebanyak 17 responden (68 %), dan status gizi ibu menyusui yang kurang sebanyak 3 responden (12 %). Kecukupan kebutuhan ASI pada bayi yang baik sebesar 21 responden (84 %) dan kecukupan kebutuhan ASI pada bayi yang cukup sebesar 4 responden (16 %). Hasil tabel silang dari keduanya diperoleh data status gizi ibu yang cukup dengan kebutuhan ASI yang cukup sebesar 16 responden (94,2 %). Dan analisis hasil penelitian dengan menggunakan Spearmen-Rho didadapkan nilai P = 0,001 dan  = 0,05 sehingga P <  sehingga dapat disimpulkan ada hubungan antara status gizi ibu menyusui dengan kecukupan kebutuhan ASI pada bayi usia 0-6 bulan di desa Patokan Kec. Bantaran Kab. Probolinggo.
Melihat hasil penelitian ini sebaiknya petugas kesehatan di Desa Bantaran lebih meningkatkan pengetahuan para ibu menyusui agar angka kecukupan kebutuhan ASI dapat meningkat dan para ibu dapat memberikan ASI secara eksklusif agar nutrisi yang dibutuhkan bayi selama masa pertumbuhan dapat terpenuhi secara baik.
Kata Kunci status gizi ibu menyusui, kecukupan kebutuhan ASI, bayi usia 0-6 bulan
Karya Ilmiah Skripsi
Full Text
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya