DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
Judul PENGARUH KONSUMSI AIR REBUSAN DAUN MENIRAN TERHADAP TEKANAN DARAH PENDERITA HIPERTENSI DI DUSUN PESISIR DESA MLANDINGAN BARAT RT 003/RW 002 KABUPATEN SITUBONDO
Penulis Heru Prasetyo Utomo - Personal Name
NIM/NPM 2010.01.087
No. Panggil 10 HER p 087
Dosen Pembimbing Dr. Grido Handoko S
Ns. Rizka Yunita., S.Kep
Publikasi Genggong-Probolingo: STIKES HAFSHAWATY ZAINUL HASAN GENGGONG, 2014
Deskripsi Fisik
Abstraksi Hipertensi adalah salah satu jenis penyakit pembunuh paling dahsyat di dunia. Salah satu penyebab terjadinya hipertensi yaitu pola hidup yang tidak sehat misalnya mengkonsumsi natrium dalam jumlah tinggi. Bagi masyarakat pesisir khususnya Dusun Pesisir Desa Mllandingan yang setiap harinya mengkonsumsi makanan yang asin-asin merupakan salah satu penyebab dari hipertensi.
Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre Experimental Design, dengan pendekatan One-Group Pre-Post Test Design. Sebagai populasi adalah seluruh penderita hipertensi sebanyak 15 penderita. Sampel sebanyak 15 penderita yang dipilih secara total sampling. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tekanan darah sebelum diberikan terapi rebusan air meniran sebanyak 15 responden dengan hipertensi kategori ringan dan setelah diberikan terapi rebusan air meniran sebanyak 13 responden dengan kategori normal dan 2 responden dengan kategori ringan
Analisa pada penelitian ini menggunakan uji wilcoxon diperoleh p-value = 0.000 < α(0,05). Dengan demikian ada Pengaruh Konsumsi Air Rebusan Daun Meniran Terhadap Penurunan Tekanan Darah Penderita Hipertensi.
Berdasarkan hasil penelitian ini masyarakat pesisir diharapkan dapat menjaga kesehatan diri dengan tidak mengkonsumsi natrium dalam jumlah yang tinggi.
Kata Kunci Daun meniran, hipertensi
Karya Ilmiah Skripsi
Full Text
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya