DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
Judul HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN SIKAP IBU PEMAKAI ALAT KONTRASEPSI HORMONAL TENTANG KANKER LEHER RAHIM DI RSB AL HASANAH MADIUN
Penulis Sri wahyuni - Personal Name
NIM/NPM 09.060
No. Panggil 09 SRI h 060
Dosen Pembimbing Hariyanto, M. Pd
Rumpiati, SST
Publikasi Genggong-Probolingo: Stikes Hafshawaty, 2010
Deskripsi Fisik
Abstraksi Pemakaian Kontrasepsi hormonal selama lebih dari satu tahun dapat memungkinkan peningkatan resiko dysplasia dan karsinoma insitu. Sedangkan pada pemakaian lebih dari lima tahun kontrasepsi hormonal dapat memungkinkan peningkatan risiko kanker leher rahim (Varney, 2004). Mengetahui sedini mungkin adanya ancaman kanker leher rahim merupakan pencegahan secara langsung kematian pada wanita, sehingga penulis ingin melakukan penelitian dengan judul “Hubungan Pengetahuan Dengan Sikap Ibu Pemakai Alat Kontrasepsi Hormonal Tentang Kanker Leher Rahim”. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menganalisa apakah ada hubungan pengetahuan dengan sikap ibu pemakai alat kontrasepsi hormonal tentang kanker leher rahim.
Jenis penelitian ini asosiatif merupakan penelitian korelasi, adapun desain penelitian adalah cross sectional, dimana data diambil dari data primer yang diperoleh langsung dari ibu pemakai alat kontrasepsi hormonal yang datang ke RSB Al hasanah Madiun dengan menggunakan angket, yang diambil pada bulan maret 2010 dengan jumlah populasi sejumlah 21 ibu pemakai alat kontrasepsi hormonal, adapun sampel yang diteliti sebanyak 21 responden yang memenuhi kriteria inklusi dan diambil dengan cara total populasi. Pengumpulan data meliputi coding, editing, tabulating, kemudian data dianalisis dengan uji statistik Spearman Rank dengan tingkat kemaknaan 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan tingkat pengetahuan ibu pemakai alat kontrasepsi hormonal yaitu 10 responden (47%) berpengetahuan baik dan 1 orang responden (5%) berpengetahuan kurang. Sedangkan sikap ibu pemakai alat kontrasepsi hormonal tentang kanker leher rahim didapatkan 18 responden (85,7%) bersikap positif dan 3 responden (14,3%) bersikap negatif. Berdasarkan uji statistik korelasional Spearman Rank diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan pengetahuan dengan sikap ibu pemakai alat kontrasepsi hormonal dengan nilai P = 0,00 1 dan
p 0,663 (P < 0,05).
Data yang diperoleh, meliputi ibu pemakai alat kontrasepsi hormonal dengan kriteria sebagai berikut : umur ibu, tingkat pendidikan ibu, pernah tidaknya mendengar informasi, sumber informasi yang diperoleh, pengetahuan ibu dan sikap ibu, dan saran yang diajukan yaitu sebaiknya perlu diadakan peningkatan sosialisasi tentang deteksi dini kanker leher rahim, terutama untuk ibu pemakai alat kontrasepsi hormonal dan penelitian lebih lanjut perlu dilakukan agar hasil lebih valid.
Kata Kunci Pengetahuan, sikap, alat kontrasepsi hormonal, kanker leher rahim
Karya Ilmiah Skripsi
Full Text
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya